Web Viewers (and Editors) » Biaya Premi Asuransi Mobil All Risk & TLO Per Tahun

Biaya Premi Asuransi Mobil All Risk & TLO Per Tahun

Last modified by Madinah Azwa on 2017/03/18 13:41

Untuk mendapatkan pertanggungan dari asuransi mobil, ada biaya premi yang harus Anda bayarkan secara rutin, entah itu per tahun atau per bulan. Dengan begini, bisa dibilang jika asuransi sama seperti investasi Anda di masa depan. Anda membayar asuransi sama juga Anda menabung untuk hal-hal tidak terduga yang bisa terjadi di masa depan. Bedanya, tabungan melalui asuransi ini sudah bisa Anda rasakan manfaatnya tanpa Anda harus menunggu tabungan itu banyak terlebih dahulu (juga untuk berjaga-jaga karena yang namanya kecelakaan atau resiko tidaklah mengenal waktu).

Biaya premi suatu produk asuransi bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis asuransi dan besarnya resiko yang mungkin terjadi pada mobil. Penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut ini:

1. Asuransi mobil All Risk

All Risk adalah nama untuk asuransi pada mobil yang memberikan pertanggungan untuk segala resiko, dari resiko yang terkecil hingga resiko yang terbesar. Dari yang hanya baret saja pada mobil hingga resiko yang parah seperti kondisi mobil yang sudah tidak bisa diperbaiki lagi. Jika Anda menggunakan asuransi jenis ini, Anda bisa tenang dari kerusakan atau resiko apa pun yang mungkin terjadi pada mobil Anda karena biayanya akan ditanggung oleh pihak asuransi. Tidak heran jika asuransi untuk mobil jenis ini memiliki harga premi yang lebih tinggi dibanding jenis asuransi yang satunya. Biaya premi asuransi All Risk untuk mobil per tahunnya adalah sekitar Rp. 3.000.000 – Rp. 6.000.000.

2. Asuransi Mobil Total Loss Only

Total Loss Only merupakan kepanjangan dari asuransi TLO yang memberikan pertanggungan asuransi untuk resiko yang total pada mobil. Total di sini yaitu kondisi dimana mobil sudah tidak bisa diperbaiki kembali kerusakannya (biasanya dengan tingkat kerusakan di atas 75 %) atau mobil sudah raib dari depan mata (hilang). Sementara untuk resiko-resiko kecil seperti kerusakan pada mobil yang tidak parah, tidak akan bisa mendapatkan pertanggungan dari asuransi TLO ini. Tidak heran pula, jika biaya premi asuransinya tidak setinggi TLO dan bahkan bisa dibilang sebagai asuransi yang paling murah. Biayanya adalah sekitar Rp. 600.000 – Rp. 800.000 untuk satu tahun. Sangat murah, bukan?

Selain itu, harga premi asuransi mobil per tahun tersebut juga bisa Anda cicil per bulannya, sehingga dengan perkiraan harga yang tertera di atas itu Anda bisa bagi dengan 12 bulan dalam setahun, hasilnya adalah jumlah yang bisa Anda bayarkan setiap bulannya. Jumlah tersebut tentunya hanyalah sebagian kecil dari penghasilan Anda, namun manfaatnya bisa dibilang besar sekali. Dengan uang yang tidak seberapa itu Anda bisa mendapatkan jaminan atas resiko-resiko yang mungkin menimpa mobil Anda nantinya yang akan membuat Anda mengeluarkan sejumlah uang yang bisa saja cukup besar jumlahnya.

Tags:
Created by Madinah Azwa on 2017/03/18 13:41

This wiki is licensed under a Creative Commons 2.0 license
XWiki Enterprise 5.4.4 - Documentation